1.
Posted by : Unknown

4 Manfaat Lain Puasa Untuk Kesehatan Selain Detoksifikasi (1)
Detoksifikasi, menjadi isu yang paling banyak diangkat dalam pembahasan manfaat puasa. Pengertian detoks sendiri adalah, proses normal tubuh untuk mengeliminasi atau memurnikan racun melalui hati, usus besar, ginjal, paru-paru, kelenjar limpa, dan kulit. Proses ini dipercepat dengan berpuasa, karena ketika makanan tidak lagi memasuki tubuh, maka tubuh akan mengubah simpanan lemak menjadi energi.
Selain sebagai detoksifikasi, puasa ternyata juga berfungsi menjaga badan dari berbagai kelebihan zat-zat yang berbahaya, seperti kelebihan kalsium, kelebihan daging, dan kelebihan lemak. Sebab saat berpuasa, manusia secara tidak sadar mengalihkan energi dari sistem pencernaan ke sistem kekebalan. Berikut adalah manfaat lain dari berpuasa, seperti yang kami lansir dari jurnal dr. Avie Andriyani.
Mencegah Stroke
Menurut beberapa hasil penelitian ilmiah, manfaat lain puasa dapat mengurangi risiko stroke.  Hal ini karena puasa dapat memperbaiki kolesterol darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi, dalam jangka panjang akan menyumbat saluran pembuluh darah dalam bentuk aterosklerosis (pengapuran atau pengerasan pembuluh darah). Bila aterosklerosis terjadi di otak, hal ini akan berujung pada stroke. Sementara bila terjadi di daerah jantung, aterosklerosis dapat menyebabkan penyakit jantung.
Hasil penelitian memperlihatkan, bahwa puasa dapat meningkatkan kolesterol darah HDL 25 titik dan menurunkan lemak trigliserol sekitar 20 titik. Lemak trigliserol, merupakan bahan pembentuk kolesterol LDL yang dapat mengganggu kesehatan.
Mencegah Tumor
Pertumbuhan sesuatu yang tidak normal dalam tubuh, seperti tumor dan sejenisnya, yang tidak mendapat dukungan penuh suplai makanan dalam tubuh lebih rentan terhadap autolysis (hancur). Selain itu, produksi protein untuk penggantian sel-sel yang rusak (sintesis protein) menjadi lebih efisien, karena kesalahan yang lebih sedikit dilakukan oleh kontrol genetik DNA/RNA yang berperan dalam proses ini.
Dengan berpuasa, Anda sudah berhasil mencegah terjadinya bibit-bibit tumor pada awal pembentukannya di dalam tubuh. Pasalnya, rasa lapar orang yang berpuasa bisa menggerakkan organ-organ internal tubuh untuk menghancurkan atau memakan sel-sel yang rusak atau lemah untuk menutupi rasa lapar. Menurut dunia kedokteran, hal ini baik karena sel-sel rusak dan tidak terpakai tersebut dapat beregenerasi sehingga bisa kembali berfungsi dan beraktivitas.
Membangun Sel Baru & Membersihkan Gumpalan Sel Lemak di Hati
Jumlah sel yang mati di dalam tubuh dapat mencapai 125 juta per detik, namun yang lahir dan regenerasi lebih banyak lagi. Saat puasa, terjadi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. Sebelum didistribusikan, di dalam tubuh terjadi mekanisme format ulang, sehingga memberikan kesempatan bagi tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya.
Pola makan saat puasa, dapat menyuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga, terbentuk tunas-tunas protein, lemak, fosfat, kolesterol, dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.
Membantu Pemulihan Pengapuran
Seseorang yang mengalami gangguan pada sendi berupa pengapuran (osteoartritis) terutama pada sendi lutut dan sendi tulang belakang, dengan terjadinya pengurangan berat badan juga akan membantu memperbaiki gangguan sendi yang terjadi. Jika puasa dilaksanakan dengan baik, berat badan dapat dikontrol dan dikurangi sehingga akan memperbaiki keadaan penyakit kronis yang ada.
Tentunya, hal ini dapat terwujud pada saat aturan-aturan pola makan selama puasa dapat dilaksanakan dengan baik. Yaitu, tidak makan dan minum yang berlebih-lebihan serta banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran dan melakukan aktivitas olah raga ringan. Salah satu aktivitas fisik yang sangat baik adalah, melaksanakan sholat tarawih yang bermanfaat membantu membakar lemak di dalam tubuh jika dilakukan secara rutin selama bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 KenichiSZ | Creative Only !! -HIKANIMU*- Powered by Blogger - Template by Renadel Dapize- Ori Djogzs Design By Andy Al mesura